Penasehat Akademik

By Lukman Hakim

Frequently Asked Questions (FAQ)

FAQ ini ditulis untuk mahasiswa PA saya di Jurusan Kimia, FMIPA UB.

  1. Berapa banyak mata kuliah pilihan yang harus saya ambil?
  2. Mata kuliah pilihan apa yang sebaiknya saya ambil?
  3. Mata kuliah pilihan ada banyak dan dapat dikelompokkan berdasarkan bidang minat. Jika saya ingin tugas akhir di suatu bidang minat, apakah saya harus mengambil semua mata kuliah pilihan bidang minat tersebut?
  4. IPK saya di atas 3.00 saat semester 1, sehingga saya dapat mengambil 24 SKS pada semester 2. Apakah sebaiknya saya menambah beban SKS semester dengan mengambil mata kuliah pilihan di semester dua?
  5. Apakah saya bebas memilih bidang minat dan dosen pembimbing utama untuk tugas akhir (skripsi)?
  6. Beredar kabar bahwa seorang dosen dibatasi hanya boleh membimbing tugas akhir (skripsi) maksimal empat mahasiswa per semester. Benarkah?

Berapa banyak mata kuliah pilihan yang harus saya ambil?

Untuk lulus jenjang sarjana, anda harus mengumpulkan minimal 144 SKS lulus. Sebanyak 115 SKS diperoleh dari mata kuliah wajib, sehingga anda harus menambah minimal 29 SKS dari mata kuliah pilihan. Anda dapat mengambil 10 mata kuliah pilihan yang bebannya 3 SKS, atau 15 mata kuliah pilihan yang bebannya 2 SKS, atau kombinasi dari keduanya hingga total SKS dari mata kuliah pilihan minimal 29 SKS.

Mata kuliah pilihan apa yang sebaiknya saya ambil?

Pada prinsipnya, saya tidak ingin banyak mengintervensi kebebasan akademik anda dalam menentukan mata kuliah pilihan. Saran saya, baca silabusnya, kalau memungkinkan cari detil rencana pembelajaran semesternya, kenali dosennya, tanya mahasiswa lain yang berpengalaman mengambil mata kuliah tersebut, dan akhirnya tanyakan pada diri anda, ÔÇťApakah ini yang ingin saya pelajari?”

Mata kuliah pilihan ada banyak dan dapat dikelompokkan berdasarkan bidang minat. Jika saya ingin tugas akhir di suatu bidang minat, apakah saya harus mengambil semua mata kuliah pilihan bidang minat tersebut?

Meskipun anda berencana mengambil tugas akhir di suatu bidang minat, tidak ada keharusan anda mengambil mata kuliah pilihan di satu bidang minat saja. Pun juga tidak ada larangan bila anda mengambil mata kuliah pilihan hanya di satu bidang minat. Anda bebas mengambil mata kuliah pilihan di bidang minat mana pun *). Harap diingat bahwa anda akan lulus sebagai Sarjana Kimia, bukan Sarjana Kimia bidang minat tertentu.

*) Perhatikan bahwa beberapa mata kuliah pilihan memiliki prasyarat tertentu

IPK saya di atas 3.00 saat semester 1, sehingga saya dapat mengambil 24 SKS pada semester 2. Apakah sebaiknya saya menambah beban SKS semester dengan mengambil mata kuliah pilihan di semester dua?

Kurikulum program sarjana dirancang untuk masa studi 4 tahun, atau 8 semester. Semester 2 dirancang tersusun dari 18 SKS mata kuliah wajib. Apabila anda memiliki IP semester lalu yang baik, maka anda diberi hak untuk menambah beban SKS semester ini, misalnya dengan mengambil mata kuliah pilihan, selama anda memenuhi persyaratan mata kuliah tersebut, dan saya tidak akan mengurangi hak anda. Namun demikian, saran dari pengelola jurusan dan pendapat saya sebagai penasehat akademik adalah kami tidak merekomendasikan hal tersebut. Mengapa? Sebab the real chemistry dimulai di semester 2 dengan munculnya mata kuliah wajib bidang minat. Sebagian besar mahasiswa mengalami penurunan IPK pada semester dua. Oleh karena itu, mahasiswa diminta berhati-hati dan fokus di mata kuliah wajib terlebih dahulu.

Apakah saya bebas memilih bidang minat dan dosen pembimbing utama untuk tugas akhir (skripsi)?

Di Jurusan Kimia FMIPA UB, saya dengan bangga mengatakan bahwa anda memiliki kebebasan akademik dalam menentukan pembimbing tugas akhir dan topiknya. Sebagai penasehat akademik, saya akan berusaha melindungi hak anda.

Beredar kabar bahwa seorang dosen dibatasi hanya boleh membimbing tugas akhir (skripsi) maksimal empat mahasiswa per semester. Benarkah?

Saya pastikan kabar tersebut hoax.

CAPTCHA Image
*